RAPAT FINALISASI PERUBAHAN REGULASI  TERKAIT PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH

RAPAT FINALISASI PERUBAHAN REGULASI TERKAIT PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH

Sinjai (28/03/2022), Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Badan Pendapatan Daerah dan Bagian Hukum melaksanakan Rapat Finalisasi dalam rangka perbaikan Rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Peraturan Bupati terkait Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dipimpin Kepala Bapenda, Asdar Amal Dharmawan, SH., MH, menyampaikan dalam sambutannya bahwa perubahan regulasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah akan segera dirampungkan. Hal ini setelah Pengusulan Regulasi tersebut telah mendapatkan persetujuan atau hasil dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Provinsi.

Misalnya saja, Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Sarang Burung Walet dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung telah mendapatkan hasil dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan sedangkan untuk Penyesuaian Tarif Retribusi yang diusulkan melalui Rancangan Peraturan Bupati telah mendapatkan hasil fasilitasi dari Biro Hukum Setda Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun beberapa tarif retribusi yang rencanya akan disesuaikan yaitu Retribusi Rumah Potong Hewan, Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, Retribusi Sampah dan Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, serta Retribusi Parkir.

Diharapkan dengan Penyesuaian Regulasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang akan segera dilaksanakan, akan turut memberikan dampak peningkatan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat pada umumnya dan kepada para Objek Pajak/Retribusi pada khususnya. Dalam rapat tersebut juga ditekankan agar seluruh Perangkat Daerah pengelola Pajak Daerah/Retribusi Daerah agar menyampaikan kepada para Objek Pajak/Retribusi terkait Penyesuain Tarif yang akan dilaksanakan. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas PUPR, Bagian Hukum dan para Tim Penyusun Ranperda/Ranperbup.

Author Image
Hukum7