RAPAT PENYUSUNAN RANPERDA TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH, DAN EKONOMI KREATIF

RAPAT PENYUSUNAN RANPERDA TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH, DAN EKONOMI KREATIF

Sinjai (25/07/2022), Kabag Hukum Setda Kab. Sinjai, Andi Adis Dharmaningsih Asapa, SH., MH menghadiri undangan DPRD Kabupaten Sinjai dalam rangka rapat penyusunan Ranperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Ekonomi Kreatif. Ranperda ini merupakan salah satu inisiatif DPRD yang rencananya akan diajukan dalam pembahasan tahun ini. Dalam pembahasan ini, selain Kabag Hukum juga hadir inisiator Ranperda yang diwakili oleh Bapak Fachriandi Matoa, SE dan Bapak Zulkifli, SE, serta penyusun Naskah Akademik, Bapak dr. Abd. Haris dan Bapak Muhammad Erik Kurniawan.

Dalam sambutannya, Bapak Fachriandi Matoa, SE menyampaikan bahwa Ranperda ini merupakan salah satu langkah DPRD Kabupaten Sinjai dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Ekonomi Kreatif sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dengan lahirnya Ranperda ini, diharapkan Pemerintah Daerah dapat mengambil peran aktif dalam Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Ekonomi Kreatif kedepannya.

Sementara itu, Kabag Hukum menyampaikan beberapa masukan dalam penyusunan Ranperda inisiatif tersebut, diantaranya perlunya tim penyusun untuk memperhatikan definisi yang diatur dalam ketentuan umum agar menyesuaikan dengan definisi dalam Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi. Selain itu, Kabag Hukum mengharapkan agar materi-materi yang diatur agar betul-betul dikaji oleh tim penyusun sehingga tidak bertentangan dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan lainnya.

Dalam tanggapannya, tim penyusun menyampaikan telah melakukan perbaikan dan penyesuaian Ranperda ini berdasarkan masukan dari hasil rapat sebelumnya. Namun memang masih terdapat beberapa penyempurnaan-penyempurnaan yang diperlukan sesuai dengan perkembangan pembahasan selanjutnya. Kajian-kajian akan terus dilakukan oleh tim untuk kesempurnaan Ranperda tersebut.

Selanjutnya tim inisiator berharap agar Ranperda ini dapat segera disempurnakan sesuai dengan masukan yang disepakati kajian yang dilakukan sehingga dapat segera didorong ke Pimpinan DPRD untuk diproses selanjutnya sesuai dengan mekanisme Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Author Image
hukum9