RAPAT PEMBAHASAN RANPERDA 2022

RAPAT PEMBAHASAN RANPERDA 2022

Sinjai (24/05/2022), Bertempat di ruang rapat gedung B Kantor Bupati Sinjai, Pemerintah Daerah melalui Bagian Hukum melaksanakan rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tahun 2022. Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, Kabag Hukum, Kabag Perekonomian, Kabag Pemerintahan, Sekretaris Dinas Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Sekretariat DPRD serta para Tim Penyusun.

Kabag Hukum dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa tahun ini Pemerintah Daerah menyusun 4 (empat) Ranperda yaitu masing-masing Ranperda tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal yang berasal dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Ranperda tentang Penyelenggaraan Transportasi dari Dinas Perhubungan, Ranperda tentang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan dari Dinas Perikanan dan Ranperda tentang Penyertaan Modal kepada Perumda Agribisnis dari Bagian Perekonomian. Kabag Hukum berharap agar seluruh Ranperda dapat dikaji dan dibahas secara komprehensif dan mendalam serta disesuaikan dengan Peraturan Perundang-undangan. Setelah finalisasi Ranperda pada tingkat Pemerintah Daerah, maka akan segera disampaikan ke DPRD untuk dilakukan pembahasan sesuai dengan Mekanisme Tata Tertib DPRD. Selain 4 (empat) Ranperda dari Pemerintah Daerah, DPRD juga akan menyerahkan 2 (dua) Ranperda yang merupakan Inisiatif DPRD yaitu Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyalahgunaan dan Perederan Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif dan Ranperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi, UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Pada rapat kali ini, Perangkat Daerah Pemrakarsa menjelaskan perkembangan penyusunan Ranperda. Selain itu, Ranperda yang telah selesai penyusunnya pada Perangkat Daerah dilakukan pembahasan dengan Bagian Hukum. Adapun Ranperda yang telah dibahas bersama, yaitu  Ranperda tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal dan  Ranperda tentang Penyelenggaraan Transportasi. Sedangkan Ranperda tentang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan dan Ranperda tentang Penyertaan Modal kepada Perumda Agribisnis masih dalam tahap pembahasan internal.

 

Author Image
hukum9