RAPAT BAPEMPERDA TENTANG REALISASI PROGRAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH TAHUN 2020

Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menghadiri undangan Rapat Pembentukan Peraturan Daerah, Rabu, 26 Agustus 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sinjai yang bertempat di ruang Rapat Kantor DPRD Kab. Sinjai. Pada kesempatan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai diwakili oleh Asisten Pemerintahan & Kesra dan para Kepala Perangkat Daerah atau yang mewakili sebagai Pengusul Rancangan Peraturan Daerah 2020 yaitu Kadis Perdagangan, Perindustrian & ESDM, Kadis Lingkungan Hidup & Kehutanan, Sekretaris DPRD, Sekretaris DPMD, Sekretaris Dinas Perhubungan, Sekretaris BKAD, Kabag Perekonomian, Kabag Hukum, Perwakilan BAPPEDA, Perwakilan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman & Pertanahan, Perwakilan Dinas Sosial. Rapat tersebut dipimpin dan dibuka oleh Ketua Bepemperda DPRD Kabupaten Sinjai yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sinjai serta Wakil Ketua dan Anggota Bapemperda DPRD Kabupaten Sinjai.

Rapat ini membahas terkait realisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2020. Ketua Bapemperda menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah bersama DPRD sebelumnya telah menetapkan 13 Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) untuk Tahun 2020 (12 Ranperda yang berasal dari Pemerintah Daerah dan 1 Ranperda yang berasal dari DPRD), akan tetapi Bencana Covid-19 juga pastinya mengganggu penganggaran Propemperda 2020 baik itu penganggaran penyusunan maupun pembahasannya. Sehingga Bapemperda menilai pentingnya untuk menyepakati bersama kembali Propemperda 2020 yang dapat diselesaikan Tahun ini dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya dan kondisi yang ada saat ini. Asisten Pemerintahan & Kesra dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan rapat internal dengan hasil sebagian besar Perangkat Daerah Pengusul Propemperda 2020 siap untuk melanjutkan dan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah yang telah disusun dan dibahas bersama dengan tim penyusun masing-masing. Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD juga mengingatkan kepada Pemerintah Daerah untuk betul-betul memperhatikan kepentingan dan kemampuan masyarakat dalam menyusun Ranperda terutama Ranperda terkait Retribusi Daerah, sehingga Ranperda yang dihasilkan dapat berkualitas, Ideal dan dapat dilaksanakan.

Setelah mendengarkan pemaparan dari masing-masing Perangkat Daerah pengusul Ranperda 2020, disepakati bahwa berdasarkan skala  prioritas dengan memperhatikan kondisi saat ini, maka Pemerintah Daerah dan DPRD akan menyelesaikan 8 Ranperda untuk Tahun 2020, Dimana 7 Ranperda yang berasal dari Pemerintah Daerah dan 1 Ranperda yang berasal dari DPRD. Sedangkan 5 Ranperda lainnya akan ditunda dan akan diupayakan diselesaikan Tahun berikutnya. Selanjutnya Ketua Bapemperda berharap agar Pemerintah Daerah segera menyelesaikan Penyusunan 7 Ranperda yang berasal  dari Pemerintah Daerah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Ketua Bapemperda juga menekankan agar seluruh Ranperda di Konsultasikan secara publik terlebih dahulu kepada masyarakat terutama Ranperda yang terkait Retribusi Daerah sebelum diserahkan ke DPRD untuk dibahas bersama.

Check Also

PEMERINTAH DAERAH MENGHADIRI RAPAT BADAN MUSYAWARAH DPRD KAB.SINJAI

Senin, 19/10. Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bagian Hukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *