KUNJUNGAN KERJA PANSUS DPRD PROVINSI SULAWESI SELATAN DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SINJAI

KUNJUNGAN KERJA PANSUS DPRD PROVINSI SULAWESI SELATAN DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SINJAI

Sinjai (30/7/2021), Kunjungan Tim Kerja Pansus DPRD Provinsi Sulawesi Selatan di Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai terkait dengan penyelesaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin yang saat ini dalam proses pembahasan di tingkat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kunjungan ini Tim Kerja Pansus yang terdiri dari 12 Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, didampingi oleh 1 orang tim ahli dan 4 pendamping pansus diterima langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Ketua DPRD Kabupaten Sinjai serta Beberapa Kepala Perangkat Daerah Terkait.

Dalam sambutannya Ketua Tim Pansus H. Azhar Arsyad, SH. menyatakan bahwa Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah inspiratif dan inovatif dalam pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat dari program-program Pemerintah Daerah yang kemudian menjadi program nasional yaitu Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Bantuan Hukum Masyarakat Miskin.

Berdasarkan perrtimbangan tersebut, Pansus DPRD Prov. Sulawesi Selatan yang saat ini membahas Ranperda Prov. Sulawesi Selatan tentang Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai untuk menyerap saran dan masukan terkait Ranperda tersebut.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM menyambut baik kedatangan Tim Pansus DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dalam penyelarasan Peraturan Daerah yang akan dibuat ini. Bupati Sinjai menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan hak hukum masyarakat miskin yang berada di Kabupaten Sinjai.

Olehnya itu Pemerintah Daerah menjalin kerjasama dengan Organisasi Bantuan Hukum yang telah terakreditasi oleh Kementrian Hukum dan HAM dalam pendampingi masyarakat saat berperkara di pengadilan tingkat pertama.

Maka Bupati Sinjai berharap terciptanya sinkronisasi program kegiatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin di Sulawesi Selatan.

 

 

 

Author Image
Hukum7