KABUPATEN SINJAI MENDAPAT PENGHARGAAN KABUPATEN PEDULI HAM


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/jdihsinjai/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/jdihsinjai/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Kabupaten Sinjai kembali memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat yaitu KABUPATEN PEDULI HAM TAHUN 2019. Penghargaan tersebut berdasar Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor M.HH-04.HA.04.03 Tahun 2020 tanggal 07 Desember 2020 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia pada Tahun 2019, dimana untuk Provinsi Sulawesi Selatan Kabupaten Sinjai mendapatkan penghargaan tersebut bersama 14 Kabupaten/kota.

Penghargaan Kabupaten/kota peduli HAM terakhir diterima oleh Kabupaten Sinjai pada Tahun 2014, dan tahun 2020 ini Kabupaten Sinjai berhasil mendapatkan kembali penghargaan tersebut.

Penerimaan penghargaan secara nasional yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, dan dilaksanakan secara virtual. Sementara penerimaan penghargaan untuk tingkat provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan di Hotel Claro, dimana penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, yang dihadiri oleh para pemerintah daerah penerima penghargaan. Untuk kabupaten Sinjai, mewakili Bupati Sinjai penghargaan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Drs Akbar, didampingi oleh Kabag hukum Muhtar SH, kasubag bantuan hukum Muhammad Taslim SH, dan kasubag dokumentasi dan informasi Tomy Utama Putra SH

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen pemerintah Kabupaten Sinjai dalam melaksanakan program pembangunan dengan mengacu pada Rencana Aksi Hak Asasi Manusia. Disamping itu, lahirnya berbagai produk hukum daerah yang ditujukan untuk penguatan pelayanan kepada masyarakat juga menjadi faktor pendukung pencapaian penghargaan tersebut.

Penghargaan Kabupaten/kota peduli HAM diberikan berdasarkan 7 (aspek) penilaian hak dasar masyarakat, yaitu: Hak atas kesehatan, Hak atas pendidikan, Hak atas perempuan dan anak, Hak atas kependudukan, Hak atas pekerjaan, Hak atas perumahan, dan Hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Tentunya penghargaan tidak lantas membuat pemerintah daerah berpuas diri di atas capaian yang telah diperoleh, namun akan menjadi penambah semangat untuk terus bekerja demi pemajuan dan peningkatan kualitas Hak Asasi Manusia di kabupaten Sinjai.

Check Also

PEMERINTAH DAERAH MENGHADIRI RAPAT BADAN MUSYAWARAH DPRD KAB.SINJAI

Senin, 19/10. Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bagian Hukum …